banner 728x250

Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila , Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik : Membumikan Pancasila di KalimantaTimur

Newscakrawala.id || Samarinda .  Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kaltim di halaman parkir GOR Segiri Samarinda, Selasa, 1 Oktober 2024.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila diikuti oleh Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Sabilul Alif, Plt Wali Kota Samarinda Rusmadi, Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo, Forkopimda Provinsi Kaltim dan Kota Samarinda, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila diisi dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, mengheningkan cipta, pembacaan ikrar “Kesaktian Pancasila” oleh Plt Wali Kota Samarinda. Dan kemudian ditutup dengan penampilan baris berbaris dari siswa siswi SMA Negeri 5 Samarinda dan pemutaran film dokumenter Kesaktian Pancasila.

“Alhamdulillah pagi ini semua berjalan dengan khidmat dan sangat bagus sekali. Kita juga tadi mendengar beberapa pidato dari proklamator Indonesia dan tokoh bangsa, beberapa pandangan terhadap Pancasila. Kita bersyukur bahwa sesungguhnya salah satu provinsi yang menurut saya hebat yang mampu melaksanakan Pancasila sudah baik itu adalah Kalimantan Timur,” ungkap Pj Gubernur Akmal Malik kepada awak media usai upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Kenapa demikian, lanjut Akmal, karena Kalimantan Timur masyarakatnya majemuk dan hidup berdampingan dengan damai, yang sangat menghargai sekali perbedaan.

“Demokrasi yang berjalan juga alhamdulillah adem. Walaupun ada dinamika itu adalah bagian dari demokrasi. Tapi kita bangga bersama Forkopimda kita mencoba terus melaksanakan, membumikan Pancasila itu dalam arti yang sesungguhnya,” jelas Akmal.

“Dan upacara ini adalah bagian dari upaya kita untuk mengingatkan Pancasila sebagai representasi budaya dan ideologi bangsa. Kita berharap nanti kedepan pembumian Pancasila itu lebih optimal,” pungkas Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini. (her/yans/adpimprovkaltim)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250 banner 728x250