banner 728x250
Blog  

Kolaborasi Antara Lapas Pamekasan dan Kodim 0826/Pamekasan Sebagai Bentuk Komitmen dan Sinergitas

Newscakrawala id || Pamekasan
Kalapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kodim 0826/Pamekasan.

Kedatangan Kalapas Pamekasan Nur Bambang beserta rombongan disambut hangat oleh Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Herik Prasetiawan pada Kamus (03/10/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur sebagai bentuk komitmen dalam memperkuat wawasan kebangsaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan menjalin sinergi bersama Dandim 0826 Pamekasan, kata Nur Bambang pada media.

Selain itu, kunjungan ini bentuk kolaborasi antara pihak Lapas Pamekasan dengan Kodim 0826/Pamekasan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme dan patriotisme di kalangan para WBP melalui berbagai program pembinaan.

Kunjungan Kalapas Pamekasan bersama rombongan disambut hangat Dandim 0826*Pamwkasan Letkol Inf Herik Prasetiawan di ruang jerjanya pada Kamis (03/10/2024)

” Ini merupakan bentuk kolaborasi antara pihak Lapas Pamekasan dengan Kodim 0826/Pamekasan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme dan patriotisme di kalangan para WBP melalui berbagai program pembinaan,’ ungkap Kalapas Pamekasan.

Adapun bentuk kolaborasi Lapas Pamekasan dan Kodim 0826/Pamekasan ada Empat Program diantaranya

1.Pelatihan Bela Negara.
Progran ini merupakan salah satu program utama kerja sama adalah pelatihan bela negara yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air. melalui kegiatan ini, para wbp bisa memahami pentingnya semangat kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Pendidikan Pancasila dan UUD 1945
Untuk program ini mencakup sesi pembelajaran yang mendalam mengenai dasar negara Indonesia, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar 1945. Di program ini mengajak para wbp untuk berdiskusi dan memahami bagaimana nilai-nilai ini dapat diterapkan dalam kehidupan mereka, baik selama masa binaan maupun setelah kembali ke masyarakat.

3. Diskusi Kebangsaan
Progran ke tiga ini sebagai bagian dari sinergi, yang melibatkan wbo, petugas lapas dan anggota TNi untuk melakukan diskusi kebangsaan. Artinya, dengan sesi diskusi ini bertujuan untuk memperkuat dialog dan pemahaman mengenai tantangan dan peluang dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

4.Kegiatan Sosial dan Kebudaya.
Melalui kegiatan sosial dan kebudayaan, wbp dapat lebih mengenal keberagaman budaya Indonesia dan belajar untuk menghargai perbedaan sebagai kekayaan bangsa. Kegiatan ini juga mendorong WBP untuk berkontribusi positif dalam masyarakat.

Menurut Nur Bambang Kalapas Pamekasan mengungkapkan, dengan adanya kolaborasi antara Kalapas Pamekasan dan Dandim 0826 Pamekasan diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan wawasan kebangsaan bagi para WBP, sehingga mereka dapat menjadi individu yang lebih baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Dengan adanya kolaborasi antara Kalapas Pamekasan dan Dandim 0826 Pamekasan diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan wawasan kebangsaan bagi para WBP, sehingga mereka dapat menjadi individu yang lebih baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara,”harapannya.(punk)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250 banner 728x250