banner 728x250

Bawaslu Tarakan Awasi Desain Surat Suara Pilkada

Newscakrawala.id || Tarakan- Koordinator Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tarakan, A. Muh. Saifullah, menghadiri Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan, pada Senin (30/9/2024).

 

Rapat tersebut bertujuan untuk membahas pengisian data pasangan calon dalam rangka penyusunan rancangan desain surat suara, alat bantu untuk penyandang tunanetra, serta daftar pasangan calon pada Pemilihan Serentak Tahun 2024.

 

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Ketua KPU Tarakan, Dedi Herdianto beserta anggota KPU lainnya, Bawaslu Tarakan dan LO pasangan calon (paslon) Khairul-Ibnu Saud. Dalam kesempatan tersebut, berbagai isu penting terkait pengisian data pasangan calon, desain surat suara, dan penyediaan alat bantu untuk tunanetra menjadi fokus utama diskusi.

 

“Pada rapat tersebut dilakukan pengecekan desain surat suara, juga surat suara untuk penyandang disabilitas tunanetra,” ujarnya.

 

Anggota Bawaslu Tarakan, Saifullah, dalam keterangannya menyampaikan setelah desain surat suara dicek kemudian disepakati bersama Bawaslu, KPU dan tim paslon.

 

“Semua pihak telah setuju dengan desain surat suara yang ada. Dan telah sepakat dengan ditandainya persetujuan dari semua pihak terkait,” ujarnya pada Jumat (4/10/2024).

 

Dalam rapat itu juga surat suara yang telah disetujui kemudian akan diserahkan kepada pihak percetakan untuk nantinya digunakan sebagai surat suara yang sah saat pencoblosan 27 November 2024 mendatang.

 

“Surat suara telah disetujui dan selanjutnya akan diserahkan kepada pihak percetakan. Nantinya surat suara ini yang akan digunakan di hari pencoblosan,” ungkapnya.

 

Rapat koordinasi itu diharapkan dapat meminimalisir potensi kesalahan dan kendala teknis yang mungkin timbul dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2024. Semua pihak yang hadir sepakat untuk terus berkoordinasi dan melakukan evaluasi secara berkala guna memastikan kelancaran proses pemilihan.

 

Dengan adanya sinergi antara Bawaslu, KPU, dan pihak terkait, diharapkan Pemilihan Serentak Tahun 2024 dapat berjalan sukses dan memenuhi standar transparansi serta keadilan yang diharapkan. (*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250 banner 728x250